25 Februari - 12 MAret 2010
NASDARC kependekkan dari National Ship Design and Race Competition, adalah kompetisi hydromodel yang didadakan setahun sekali oleh ITS yang memiliki scoop nasional, dan inilah pertama kali, Teknik Perkapalan UI mengikuti perlombaan ini. Ada dua tim yang dikirimkan untuk mengikuti kompetisi ini yaitu:
Tim Makara I :
No. | Nama | NPM |
1. | Almer Ibnu Farhan | 0706275214 |
2. | Muhammad Arif Budiyanto | 0706275385 |
3. | Raden Panji Muayyad | 0706275422 |
4. | Alwin Rizky lubis | 0706275233 |
5. | Kamaludin | 0706275353 |
Kapal: Marin Messer
Tim Makara II :
No. | Nama | NPM |
1. | Muhammad Rudy H | 0706275403 |
2. | Alvin Setiawan | 0706275220 |
3. | Febrianhal | 0706275302 |
4. | Ridwan Wibisana | 0706275435 |
5. | Muhammad Harry Mukti | 0906557461 |
Kapal : Poseidon
Ada dua kategori yang dinilai dalam kompetisi ini:
1. Design
Penilaian dilakukan oleh juri-juri kompeten yang sudah dipersiapkan panitia. Penilaian design ini melihat kepada bangunan atas (superstructure) kapal, yang penilaiannya sendiri terdiri dari aspek estetika kapal, kerapihan, efisiensi pembuatan dari bangunan atas, kemudian tingkat detail dari kapal.
2. Race
Seperti layaknya balapan mobil, hydromodel pun dibalapkan dalam suatu lintasan air yang telah dipersiapkan oleh panitia, jelas hydromodel dengan kecepatan yang baik, stabilitas baik, dan maneuverability yang terbaiklah yang bisa memenangkan race ini.
Jalannya pertandingan:
Setelah kapal-kapal dipamerkan dan dinilai oleh juri, lalu diadakan race 1 on 1 battle, yang akan dinilai nantinya adalah waktunya mencapai finish. Karena belum matangnya persiapan dari panitia ada beberapa peraturan yang akhirnya merugikan tim UI. Ada 16 tim yang mengikuti kompetisi ini, 5 dari tim PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) dengan nama tim WSC, 3 tim dari ITS ada yang nama timnya CINTA FITRI loh, yang jadi lawan makara 1, 2 tim dari UI dengan nama tim HTW, dan sisanya dari universitas-universitas lain di Surabaya.
Pembagian race dilakukan dengan cara pengocokkan nama peserta, dan hasilnya ialah MAKARA 1 VS CINTA FITRI, dan MAKARA 2 VS WSC 1, perlu diketahui tim WSC 1 ini adalah tim inti dari PPNS yang menjadi langganan juara NASDARC dari tahun ke tahun.
Race pertama adalah awal Mimpi buruk bagi kedua tim dari UI, Makara 1 kehilangan kecepatannya karena rusaknya system propulsi pada kapal akibat lepasnya shaft dengan kopel pada dinamo, tapi beruntung walau lambat, Marin Messer berhasil mencapai garis finish. Di Race kedua, Marin Messer berhasil mencukur habis Cinta Fitri, karena Cinta Fitri tidak bisa melaju karena kehabisan baterai.
Saat Race berlangsung, terlihat sengitnya Marin Messer vs Cinta Fitri
Sementara Untuk tim Makara 2, melawan kontestan terkuat awalnya positif memiliki chance menjadi pemenang, dimana pada start awal Poseidon berhasil mengungguli kecepatan dari WSC 1, dan tingkat manuvernyapun seimbang dengan WSC 1, namun sayang terjadi kecelakaan pada tikungan kedua, dimana Kapal WSC 1 menabrak Poseidon tepat di system rudder-nya yang mengakibatkan Poseidon tidak bisa menyelesaikan race dan mengikuti race kedua.
Saat Race berlangsungterlihat bahwa Poseidon berhasil mengungguli WSC 1 di awal race
HASIL KOMPETISI
Setelah menunggu sampai seluruh rangkaian acara selesai, kami pun deg-degan menunggu hasil keputusan, apakah ada piala yang bisa di bawa pulang ke Jakarta. Dan akhirnya POSEIDON dari tim Makara 2 berhasil menjadi JUARA BEST DESIGN, sedangkan dalam kompetisi racenya MARIN MESSER berhasil menjadi harapan 2. Sebuah pencapaian yang baik untuk awal. Namun yang membuat sakit hati ialah dimana WSC 1 menjadi juara umum!! Andaikan tidak terjadi kecelakaan saat race, mungkin POSEIDON lah yang menjadi juara umum, dan tekad tahun depan UI harus bisa membawa pulang trofi juara umum tersebut.
Tentu saja, selain lomba, kamipun banyak melakukan aktivitas lain untuk sekalian refreshing selama di Surabaya.
Kunjungan ke Rektorat ITS
Dialog Interaktif
Jalan-Jalan ke Madura
0 komentar:
Posting Komentar