Minggu, 06 Februari 2011
Sistem Pendidikan Bunyan - Introduksi
Diposting oleh
M_R_Herliansyah
06.10
Saat saya membaca buku Model Sistem Pendidikan Bunyan karangan Dra. Djauharah Bawazir, Psi., M.Pd. Terlintas di pikiran saya betapa mirisnya kehidupan sekitar kita, di mana generasi penerus kita secara tidak langsung dan menjadi anak pembantu dan menyusu sapi dalam perkembangannya. Tidak punya waktu tatap muka dengan orang tua, tidak cukup komunikasi dengan orang tua, Bahkan mirisnya banyak yang tidak mengenal dan tidak mengetahui kabar orang tuanya bagaimana. Ini adalah perusakan moral yang tidak terlihat sejak usia balita, seperti menitipkan sang anak di pre-school saat mereka sebenarnya membutuhkan kasih sayang orang tua misalnya. Apakah hal ini juga yang akn kita lakukan kelak??? Sungguh kejamnya kita!!
Dalam Model Sistem Pendidikan Bunyan, Pendidikan seseorang dari kecil dilakukan dari dua cara, yaitu secara informal dan formal. Pendidikan Informal ini menggunakan model system pendidikan interventif, yaitu pendidikan dalam keluarga dengan tujuan sang anak dapat dewasa moral di usia 15 tahun. Sedangkan Pendidikan Formal menggunakan Model Sistem pembelajaran Kreatif Imjinatif, yang diterapkan di sekolah, dengan tujuan memasukkan Akhlak Mulia, Cerdas, dan Kreatif Imajinatif. Sehingga Jika keduanya dilaksanakan secara bersinergi, diharapkan dapat Menciptakan Anak Tersebut menjadi Manusia Seutuhnya.
Mengapa 15 tahun?? Dalam Islam, di usia 15 tahun,seorang anak sudah mencapai kedewasaannya. Kedewasaan dapat terlihat dari ucapan, pola pikir, dan sikap. Apa yang dianggap sudah mampu membedakan mana yang harus dan tidak harus dilakukan dan baik-tidaknya bagi dirinya. Bahkan pada zaman Rasulullah SAW, seorang anak yang telah berusia 15 tahun sudah diizinkan untuk ikut serta dalam peperangan. Peperangan ini hanyalah sebagai contoh bahwa kepercayaan sepenuhnya dapat diberikan kepada anak usia 15 tahun.
NAmun ketika sudah mencapai umur 15 tahun, timbul beberapa kekhawatiran tentang bahaya yang mungkin timbul terhadap anaknya. Terdapat perubahan drastic hormonal selama pubertas membuat dorongan seksual dan keingintahuan meningkat sehingga diperlukan pengarahan dan tindakan antisipasi sejak dini. Hal ini dapat dilakukan dengan model pendidikan Kreatif Imajinatif dalam sekolah. Berpikir dan berperilaku kreatif imajinatif dapat mempersiapkan dan menjadikan seorang anak 15 tahun memiliki kepribadian unggul. Pada saat mencapai usia 15 tahun, anak telah mendapat motivasi untuk mampu berpikir luwes dan tertantang akan hal-hal baru, sehingga dapat menyesuaikan dirinya dengan kondisi yang dihadapi, membuat terobosan baru, memiliki kejelian dalam memanfaatkan peluang, memiliki berbagai gagasan membangun, serta menemukan cara baru dalam memecahkan masalah.
Lalu bagaimana detail model pendidikan yang diterapkan dalam Bunyan ini??? SImak dalam bagian-bagian selanjutnya..
ini page di facebooknya tolong di like ya
pages di facebook
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar